Powered by Blogger.
RSS

Tutorial Animasi | Tutorial Animasi Flash | Teori Dasar Flash MX

Teori Dasar Flash MX
Tutorial Animasi | Tutorial Animasi Flash | Teori Dasar Flash MX-Pernahkah anda melihat gambar yang bergerak-gerak ketika pertama kali masuk mengunjungi sebuah
situs?atau pernahkah anda melihat kartun yang setiap hari ditayangkan di televisi kesayangan
anda?Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya bukan?
Melalui tutorial berikut saya akan mengajak anda jalan-jalan ke dunia animasi dimana anda dapat
berkhayal, berimajinasi bahkan mengimplementasikannya. Kali ini saya akan memperkenalkan anda
dengan sebuah aplikasi yang cukup menyenangkan yang bernama Flash MX. Flash MX merupakan
bagian dari keluarga Macromedia yang digunakan sebagai aplikasi pembuat animasi. Di bawah ini
merupakan aplikasi yang termasuk ke dalam keluarga Macromedia.


Aplikasi-aplikasi Macromedia:
1. Flash MX.
2. Fireworks.
3. Dreamweaver.
4. Freehand.
Seiring dengan perkembangan zaman maka Flash MX disesuaikan sesuai kebutuhan akan pembuatan
sebuah aplikasi web disamping pembuatan animasi.
Tertarik dengan pembuatan animasi? Silahkan ikuti tutorial Flash MX berikut ini.

Teori Dasar ( bagian 1 )
Lingkungan Dalam Flash
Symbols , instance dan Behaviour
Membuat Symbol
1.Buat bentuk sederhana, contoh : buat Oval dengan bantuan alat gambar.
2.Pilih Menu Edit, kemudian Select All. Atau Pilih alat gambar Arrow, kemudian blok gambar oval ( lihat gambar 2 ).
3.Pilih Menu Insert, kemudian Convert to Symbol ...

4.Setelah itu muncul kotak dialog yang menanyakan Name dan Behaviour .
5.Isi Name dengan Symbol1 dan Pilih Behaviour sesuai dengan kebutuhan. Behaviour : Graphic untuk pemakaian gambar statik, Button untuk membuat tombol, Movie Clip untuk pemakaian gambar bergerak atau animasi.

Selamat anda telah berhasil membuat Symbol. Anda pilih Menu Window, kemudian Library. Di situ akan terlihat Symbol1 telah tersimpan, itu adalah Master Symbol. Dan sekarang symbol yang terlihat di stage otomatis menjadi instance.
Setiap kali anda menambahkan symbol yang sama ke dalam stage, anda akan menciptakan instance yang lain dari satu master symbol tersebut. Dan Flash hanya menyimpan 1 master symbol saja ke dalam file biarpun anda banyak memakai instance, oleh karena itu ukuran symbol dapat mengurangi ukuran file.
Setiap perubahan pada master symbol akan merubah seluruh instance dalam stage. Setiap instance memiliki properti ( rotate, scale, etc ) sendiri - sendiri  dan perubahan property di instance tidak akan mempengaruhi master symbol.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment

TV online