Powered by Blogger.
RSS

Smkn Multimedia Sutradara | Syarat Lain Menjadi Sutradara Smkn Multimedia

Smkn Multimedia Sutradara | Syarat Lain Menjadi Sutradara Smkn Multimedia

Smkn Multimedia sangat membutuhkan seorang sutradara. Karena tanpa adanya sutrdara maka sebuah karya dalam produksi multimedia tidak akan pernah berhasil. Sutradara mempunyai peran yang sangat peting dalam produksi Smkn multimedia. berikut ini adalah syarat lain menjadi sutradara :

Syarat Lain Menjadi Sutradara


Syarat Lain Menjadi Sutradara

Berhubungan dengan tugas sutradara yang diuraikan diatas tidaklah cukup untuk menjadi seorang sutradara yang professional dan berhasil seperti yang diungkapkan Darwanto (1994) pada bukunya Produksi Acara Televisi, bahwa seorang sutradara atau pengarah acara harus mengenal karakteristik media yang akan dibuatnya. Seorang sutradara harus juga mempunyai daya cipta dan daya reka yang tinggi. Serta seorang sutradara harus menguasai benar tentang dasar-dasar teknik produksi. Sedangkan Fritz G Schadr (1998) dalam bukunya Pengantar Penyutradaraan, mengatakan bahwa yang utama dari seorang sutradara adalah sifat fleksibelitasnya dalam mengambil keputusan dan tindakan terhadap segala permasalahan dalam produksi. Sifat mau menerima saran dan pendapat dari orang lain terutama krunya dan bersifat obyektif dalam menilai hasil karyanya sendiri dapat meningkatkan mutu dan kualitas kerjanya.


Dari pendapat diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa seorang sutradara tidak saja dituntut untuk menguasai hal yang bersangkutan dengan teknis saja melainkan hal-hal yang berkenaan dengan kejiwaan antara lain:
a. Seorang sutradara harus mengenal karakteristik media yang akan dibuatnya (film/TV).
b. Seorang sutradara mempunyai daya cipta dan daya reka yang tinggi.
c. Seorang sutradara harus menguasai dasar-dasar teknik produksi.
d. Seorang sutradara harus bersifat fleksibel dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan terhadap      masalah yang dihadapi pada saat produksi.
e. Seorang sutradara harus bijaksana dalam arti mau menerima saran dan pendapat dari siapapun, khususnya anggota kerabat kerja.
Seorang sutradara harus obyektif dalam menilai hasil karyanya sendiri untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya. Nano Riantiarno (1996) juga berpendapat dalam bukunya tentang Sutradara dan Penyutradaraan bahwa syarat menjadi sutradara adalah sanggup memopahkan keyakinan kepada crewnya. Harus yakin apa yang dikerjakan itu akan berhasil. Dia harus siap sedia menanggulangi masalah yang timbul sesulit apapun, serta keyakinan terhadap kekuatan diri harus besar dan wajib ditularkan kepada semua yang bekerja bersamanya. Tentu rasa yakin terhadap kekuatan diri harus bersumber dari sesuatu yang logis dan tidak berlebihan.
Demikian syarat lain menjadi sutradara yang disampaikan oleh smkn multimedia. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang ingin menjadi seorang sutradara.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment

TV online